6 Destinasi wisata kuliner di pangkal pinang

Pangkal Pinang, ibu kota provinsi Bangka Belitung Indonesia, tidak diragukan lagi merupakan pilihan liburan yang menarik.Mengapa tidak? Menurut data BPS Pangkal Pinang sendiri sampai dengan tahun 2015  jumlah kunjungan wisman sekitar 1.030 pengunjung setiap tahunnya, dan jumlah wisnus sekitar 170.000. Turis yang cantik, bukan?Jika Anda berlibur ke Pangkal Pinang,  apa saja tempat wisata unggulan dan tempat yang  wajib dikunjungi?

Tahu Kok Yen Yen

Tahu Kok Yen Yen adalah tempat makan tahu  di pangkal pinang, makanan halal pertama  di pulau Bangka. Tahu adalah jenis makanan yang terbuat dari tahu dan  tenggiri dan diolah menjadi siomay ikan rebus, siomay ikan goreng, siomay tahu  goreng, siomay tahu kukus, dan kulit tahu isi siomay ikan, kemudian dilumuri kuah kedelai rebus. Tidak hanya menawarkan Menu Tahu, Kalian juga bisa memesan menu lainnya seperti Mie, Kwetiau dan Mie Ayam di salah satu destinasi wisata kuliner terpopuler di Pangkal Pinang.

Waroeng Tung Tau

Berdiri sejak tahun 1938, Waroeng Tung Tau telah  menjadi salah satu destinasi wisata kuliner di Pangkal Pinang yang digemari  banyak kalangan dari berbagai kalangan sebagai kedai kopi  24 jam. Menu favorit  Waroeng Tung Tau adalah kopi hitam bernama Kopi O dan roti bakar yang diproses tanpa bahan pengawet. Egg Toast wajib dicoba saat berkunjung ke warung makan di Pangkal Pinang ini. Waroeng Tung Tau juga menawarkan banyak menu lainnya seperti nasi goreng, oatmeal dan kwetiau.

Otak-otak Amui

Otak-otak Amui adalah tempat makan yang menyajikan otak-otak asli Belinyu. Amui adalah  pemilik yang langsung mengolah menu-menu yang ditawarkan di Otak-otak Amui untuk menjaga konsistensi  kualitas makanan di restoran Pangkal Pinang ini. Selain Otak-Otak khas Belinyu, destinasi wisata kuliner di Pangkal Pinang  ini juga menawarkan berbagai  menu lainnya seperti talas goreng, pempek, kemplang, es krim kacang merah dan es krim campur untuk berbagai oleh-oleh khas Bangka.

Resto Anggrek

Resto Anggrek terkenal dengan menu favoritnya, Es Orchid (Anggrek) , dan nama Es Orchid (Anggrek)  berasal dari nama restoran itu sendiri. Sebagai salah satu restoran yang paling banyak dikunjungi di Pangkal Pinang  di Pangkal Pinang,  Es Anggrek sebenarnya hanya segelas es krim yang dicampur kemudian dicampur dengan kacang merah dan sirup buatan sendiri. Es krim yang sangat lembut dan rasa sirup yang khas membuat banyak orang mencoba es krim terkenal di Pangkal Pinang ini.

Warung “Mie Koba” Iskandar

Mie Koba merupakan salah satu menu kuliner wajib yang wajib dicoba  di Pangkal Pinang. Mie  terkenal di Bangka ini mengandalkan kuah kaldu seafoodnya yang kental sebagai ciri khasnya. Destinasi wisata kuliner di Pangkal Pinang ini menawarkan mie koba  dengan saus cokelat dengan rasa laut yang  kuat.

Martabak Acau 89

Ingin menikmati martabak bangka di kampung halaman? Coba Martabak Acau 89 di Pangkal Pinang! Di wisata kuliner Pangkal Pinang ini toppers bisa menemukan berbagai jenis martabak yang dijual mulai dari martabak basah manis, martabak asin hingga martabak manis kering.  Berdiri sejak tahun 1980, destinasi kuliner martabak di Bangka ini  terkenal dengan rasanya yang manis, sehingga siapa saja yang tidak menyukai rasa manis  martabak  tetap bisa mencicipi kelezatan martabak Acau 89.

Ini lah 6 wisata kuliner pangkal pinang , bagi yang belum ke pangkal pinang ataupun warga lokal, harus mampir ketempat yang disebutkan diatas.