5 Makanan Khas Kota Medan

Medan, ibu kota Sumatera Utara, menawarkan pesona tersendiri bagi para wisatawan, termasuk kulinernya. Makanan khas Medan memiliki rasa  yang tidak salah lagi yang sangat dihargai oleh para pecinta kuliner. Keanekaragaman suku bangsa di kota Medan mempengaruhi keragaman budaya, salah satunya adalah jenis masakan yang terdapat di sana. Patut disimak dan tentu saja mencicipi masakan Medan, mulai dari hidangan berat, makanan penutup hingga makanan khas Medan sebagai oleh-oleh.

Lontong Medan

Sarapan  penting untuk mengisi ulang tenaga Anda di awal aktivitas sehari-hari. Ada beberapa  pilihan sarapan, salah satunya adalah Lontong, Lontong Medan biasanya terdiri dari saus kacang dengan teri, tauco, mie, saus kacang, saus, sayuran dan biasanya ditambahkan telur atau perkedel. Tak lupa ditambah kerupuk merah putih sebagai pelengkap, lontong khas Medan ini memiliki  rasa yang asin sehingga menjadi sajian yang lengkap karena terdiri dari karbohidrat, serat(sayuran) dan protein (telur). Lontong benar-benar nikmat disantap di  pagi hari karena rasanya yang gurih dan kandungannya yang lengkap, memberikan sensasi semangat di awal hari.

Bika Ambon

Kebanyakan orang pasti bingung dengan Bika Ambon yang satu ini. Ternyata asal makanan ini bukan dari Ambon melainkan  dari Medan. Kenapa disebut Bika Ambon? Menurut Wikipedia, kue ini terinspirasi dari kue khas Melayu bernama Bika. atau Bingka Ini kemudian dimodifikasi dengan bahan pengembang yaitu nira, sehingga bentuknya berlubang seperti yang kita lihat sekarang ini.Di Medan, kue ini pertama kali dijual di perempatan Jalan Ambon, Medan. Sehingga menjadi Bika Ambon yang kita kenal. Rasa Bika Ambon manis namun tidak terlalu manis dengan tekstur yang lembut dan kenyal, tetap enak untuk disantap walaupun merupakan oleh-oleh khas Medan yang dingin karena tahan lama.

Martabak Piring Murni

Sajian martabak murni ini merupakan salah satu  makanan khas Medan. Cara pembuatannya yang unik membedakannya dengan martabak yang biasa dijual di kota-kota lain. Adonan martabak dimasak di atas piring kemudian dipanggang di atas arang. Martabak yang dijual disini adalah Martabak manis. dengan varian tebal dan tebal tipis dan kering Martabak kental sangat lembut dan kenyal, ditambah berbagai topping yaitu coklat, keju, kacang tanah, coklat-kacang tanah, coklat-keju dan campur.Martabaknya yang tipis juga enak, tekstur martabak yang tipis dan kering  sangat cocok ditambah topping keju leleh atau coklat.

Bolu Meranti

Bolu Meranti wajib dikunjungi saat mengunjungi kota Medan. Kue ini merupakan makanan khas Medan yang terkenal. Bolu meranti adalah jenis bolu gulung dengan enam  rasa yaitu rasa keju, moka, nanas, blueberry, strawberry dan coklat. Apa yang anda dapatkan ketika memakan kue ini adalah lembut, segar, halus dan disertai dengan aroma yang khas.

Soto Medan

Ternyata Medan juga punya Soto yang khas. Soto Medan ini sangat berbeda dengan Soto di Jawa atau Soto di Bandung. Ciri khas dari Soto Medan ini adalah santannya yang kental dan kuahnya yang dibuat dengan rempah-rempah asli Indonesia. Dalam soto Dalam hidangan ini kita  mendapatkan mie, tauge, suwiran  ayam atau potongan daging sapi, telur rebus, tomat, bawang goreng, daun bawang, daun seledri dan kerupuk merah sebagai lauk. Soto ini menjadi santapan khas Medan saat hujan karena sangat kaya rasa. saat dimakan panas.

Nah, berikut adalah referensi makanan atau kuliner khas Medan. Ternyata kuliner khas kota Medan ini lengkap. Mulai dari snack, dessert, kue, oleh-oleh, makanan berat seperti lontong, dan soto. Daftar di atas bisa dijadikan panduan saat Anda berkunjung ke kota Medan dan tidak tahu makanan khas apa yang harus dicoba.