7 Daftar Makanan Khas Surabaya ini Wajib Kalian Coba

Surabaya merupakan ibu kota Jawa Timur yang biasanya memang khas dengan makanan-makanan pedasnya dan gurihnya, seperti rujak cingur, rawon, dan pecel.

Surabaya tentunya mempunyai beragam tempat wisata dan makanan kuliner yang khas dan hanya bisa ditemukan di Surabaya saja, seperti Monumen Kapal Selam, Jembatan Suramadu, Kebun Binatang Surabaya, dan banya lainnya.

Tak hanya tempat wisata, Surabaya juga mempunyai makanan khas yang tak kalah menarik untuk dijajal ketika kita berlibur kesana. Simak berikut.

1. Tahu Campur

Walaupun terlihat sederhana, namun makanan ini terdiri dari tahu goreng, lontong, selada, mie kuning, potongan daging sapi, dan toge loh.

Tak hanya itu, terkadang juga ada tambahan perkedel singkong, kerupuk udang dan ditaburi bawang goreng diatasnya yang dapat menciptakan cita rasa yang sangat enak dan wajib banget kalian coba.

2. Tahu Tek

Nama tahu tek ini berawal dari penjual keliling yang memotong tahu dan lotong menggunakan gunting dan saat dipotong akan berbunyi “Tek, tek, tek,” yang membuatnya dinamakan tahu tek.

Makanan khas Surabaya yang satu ini berisikan lontong yang dipotong kecil dan diberikan campuran tahu goreng serta toping saus petis.

Mungkin beberapa dari kalian belum mengetahui Petis, Petis merupakan sambal khas Jawa Timur yang terbuat dari rebusan ikan ataupun udang serta rempah-rempah yang dicampuri sampai mengental membentuk saus. Sangat penasaran bukan?

3. Sego Sambel

Makanan yang terdiri dari nasi, lauk pauk, dan tentunya sambal ini cukup beraneka ragam lauknya. Ada ikan lele, telur dadar, ikan pari, hingga tempe goreng yang dimasak cukup pedas dan banyak.

Tak hanya itu, adapun berbagai campuran sambal yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, tomat, cabai, garam, dan terasi.

4. Sate Klopo

Dalam bahasa Indonesia, sate Klopo berarti sate kelapa dan sate klopo ini terbuat dari daging ayam dan daging sapi.

Makanan khas yang satu ini terpintas terlihat seperti sate pada umumnya, namun perbedaannya adalah terdapat lemak sapi dan jeroan padanya.

Tak hanya itu, ada juga berbagai tambahan parutan kelapa di bagian atas sate sebelum dibakar yang membuat rasanya tercampur sangat lezat.

5. Pecel Semanggi

Pecel semanggi ini terbuat dari daun semanggi, daun ketela, bumbu kacang, dan tauge yang disajikan diatas daun pisang yang berbentuk segitiga.

Bumbu pecelnya pun terbuat dari campuran ubi jalar, kacang tanah, cabai, gula merah, dan terasi disertai kerupuk uli yang terbuat dari beras sebagai pendamping dari pecel semanggi itu sendiri.

6. Rawon

Makanan khas yang satu ini terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah kluwek. Kluwek merupakan biji tanaman yang membuat warna kuah dan daging menjadi berwarna hitam.

Tak hanya itu, selain daging di dalam mangkuk rawon juga bisa ditemukan campuran-campuran lainnya seperti timun, tauge, sambal yang membuatnya mempunyai rasa gurih sekaligus pedas.

7. Rujak Cingur

Makanan khas Surabaya yang satu ini juga wajib sekali untuk dicicip buat kalian yang sedang berwisata ke Surabaya. Makanan yang terbuat dari potongan cingur, irisan tempe, sayuran, tahu, dan bumbu petis ini terasa sangat lezat untuk disantap.

Potongan cingur merupakan moncong dari sapi yang dijadikan campuran rujak dan sangat enak rasanya.

Nah, itulah 7 daftar makanan khas Surabaya yang wajib kalian coba saat sedang berlibur. Tentunya, kalian tidak akan menyesal saat mencobanya dan wajib sekali untuk dicicip setidaknya sekali.