Rekomendasi Makanan Khas Palembang Yang Harus Kamu Coba!

Kota Palembang yang ada di Sumatera Selatan merupakan salah satu kiblat kuliner yang ada di Indonesia. Kota pada sekitaran Sungai Musi ini punya banyak sekali makanan khas yang menggugah selera.

Nah, untuk kalian yang berencana berkunjung ke Palembang, yuk coba makanan khas dari mereka yang sudah pasti semuanya enak – enak. Apa saja? yuk simak.

1.Kemplang

Kerupuk kemplang ini di buat dengan bahan dasar ikan yang mempunyai rasa yang gurih. Kerupuk kemplang juga di olah dengan cara di bakar atau di goreng. Jenis kemplang yang terkenal adalah yang di bakar karena punya aroma yang khas.

Kemplang sendiri merupakan salah satu pilihan oleh – oleh. Selain bisa tahan lama dan gampang di bawa, kerupuk ini juga gampang di temukan di berbagai gerai oleh – oleh khas Palembang, kerupuk kemplang di jual dengan harga yang sangat beragam sesuai dengan berat dan juga ukurannya.

2.Pempek

Siapa sih yang gak kenal dengan makanan yang satu ini? Pempek adalah salah satu makanan khas Palembang yang sudah terkenal luas di seluruh nusantara. Pempek atau empek – empek merupakan sebuah makanan olahan daging ikan yang di haluskan lalu di campur dengan tapung sagu dan tepung kanji.

Tadinya, pempek di buat dari daging ikan belida. Tetapi karena ikan ini makin mahal dan langka harganya, maka pembuatan pempek pun di ganti dengan ikan gabus. Pada perkembangannya pun, pempek di buat dari ikan sungai seperti putak dan juga toman.

Ada juga yang membuatnya dari ikan laut seperti kakap merah, ikan tenggiri, hingga ikan parang – parang. Sebelum di sajikan, pempek di goreng lebih dulu. Penyajiannya bersama dengan kuah cuka yang rasanya asam, pedas, dan manis.

Pempek bisa kalian dapatkan dengan harga mulai dari Rp 50.000 an saja tergantung merk serta jenisnya. Tapi kalau di pinggir jalan, seporsi pempek biasanya di jual pada kisaran Rp 15.000 an saja.

3.Kerupuk Pecah Seribu

Kerupuk yang hampir mirip dengan kemplang ini adalah sebuah olahan kerupuk dari ikan. Kerupuk ini punya bentuk yang kecil dan mirip dengan mangkuk. Di namakan pecah seribu di karenakan kulit luar dari kerupuk ini terkesan pecah atau retak karena di goreng lama.

Orang Palembang biasanya menjadikan kerupuk pecah seribu ini sebagai makanan pelengkap pendamping nasi. Untuk 250 gram kerupuk pecah seribu di jual dengan harga mulai dari Rp 30 ribuan saja.

4.Tekwan

Mirip dengan pempek, tekwan juga merupakan sebuah makanan olahan daging ikan serta tepung tapioca. Kata tekwan sendiri berasal dari bahasa Palembang yaitu berkotek samo kawan atau duduk mengobrol bersama teman.

Tekwan biasanya di sajikan ke dalam bulatan kecil dengan kuah udang yang rasanya khas. Tekwan juga di lengkapi dengan mie soun, seledri, irisan daun bawang, dan juga bawang goreng, untuk satu porsi tekwannya bisa kalian beli dengan harga mulai dari Rp 15 ribuan saja.

 Itulah berbagai rekomendasi makanan khas Palembang yang harus kalian coba. Sebenarnya, di Palembang masih ada banyak lagi makanan khas mereka yang tentu saja di jamin semuanya enak dan lezat. Itulah kenapa wisatawan suka datang ke Palembang hanya demi menikmati sajian kulinernya yang luar biasa unik dan enak. Semoga kamu juga suka ya.