6 Makanan Khas Nusa Tenggara Timur

Dengan memiliki wilayah yang luas seperti Indonesia, kita bisa belajar banyak hal. Karena setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Hal ini ditandai dengan  perbedaan bentuk, kebiasaan, bahasa, budaya. Perbedaan inilah yang membuat kami bangga menjadi bagian dari negara ini. Salah satu hal yang dikenal dunia di Indonesia adalah makanannya.Kita tahu bahwa makanan Indonesia, rendang, adalah salah satu makanan terbaik di dunia, tetapi Anda juga harus tahu tentang makanan daerah lain yang tidak kalah enaknya. Nusa Tenggara Timur, misalnya, memiliki beragam makanan khas. dan spesialisasi lezat untuk dicicipi jika Anda mau. Anda mengunjungi daerah ini. Apa saja makanan spesial yang ada? Berikut adalah makanan khas  Nusa Tenggara Timur.

Tapa Kolo 

Jika diambil secara terpisah dan diartikan dalam bahasa setempat, “tapa” berarti panggang, sedangkan “kolo” diartikan sebagai nasi yang diisi dengan bambu. Secara umum tapa kolo berarti nasi yang diisi dengan bambu dan dibakar. Nasi yang digunakan bukan nasi putih. namun beras merah dengan kandungan gizi yang lebih tinggi, tentunya dengan tambahan berbagai bumbu dan bumbu sebelum ditaruh di dalam bambu.

Catemak Jagung

Anda mungkin tidak asing dengan jenis makanan yang satu ini, namun tentunya Anda sudah mengetahui bahan-bahan utamanya. Catemak Jagung tidak hanya menggunakan bahan utama berupa jagung, tetapi juga berbagai jenis bahan tambahan seperti kacang hijau, kacang merah, labu siam dan aneka sayuran. Cara pembuatannya pun tidak terlalu rumit. , cukup campur semua bahan jadi satu lalu masak hingga mendidih. Perasan air jeruk nipis ditambahkan ke masakan khas Nusa Tenggara Timur ini untuk meningkatkan cita rasanya.

Jagung Bose

Apakah Anda tahu apa artinya “Bose”? Itu “lembut”. Jelas bahwa hidangan ini dimasak dengan lembut. Proses memasaknya dilakukan dengan cara direbus. Jagung tersebut dicampur dengan berbagai bahan tambahan seperti labu siam dan buncis.Bahan yang digunakan untuk memasak bukanlah air melainkan santan. Setelah semua bahan tercampur, direbus dengan santan hingga kuah mengental. Ini memberi jagung Bose  tekstur yang kental seperti bubur.

Sambal Lu’at

Masakan khas NTT banyak yang memiliki rasa pedas, seperti sambal lu’at yang  mudah ditemui di berbagai tempat.Untuk sambal ini, sambal yang digunakan tergolong spesial yaitu nasi lombok  (nama  cabai di TT). Tentu saja, ada bahan lain yang menyertai cabai, di antaranya kemangi, jeruk nipis, dan daun siba. Cara pembuatannya sederhana dan tetap sama seperti sambal pada umumnya, yaitu dengan cara dihaluskan atau dihaluskan.

Aka Bilan

Menyiapkan hidangan khas Nusa Tenggara Timur  bernama Aka Bilan ini tidak terlalu sulit karena bahannya mudah ditemukan. Bahan utamanya adalah sagu, kacang hijau dan serpihan kelapa. Semua bahan dicampur menjadi adonan dan ditambahkan sedikit garam. Wadah khusus yang disebut babilak,  sejenis piring  tanah liat.

Jagung Titi

Jenis jajanan Tití jagung cocok untuk menemani momen santai, bahan utamanya hanya  jagung, makanan ini mirip dengan Emping Melinjo dilihat dari bentuknya, pertama jagung dikupas dan dimasukkan air gula Direndam Digoreng tanpa minyak, lalu dikocok rata dan dibumbui dengan sedikit merica dan garam.

Nah itu lah deretan rekomendasi makanan khas dari NTT yang bisa kalian coba dan kalian nikmati jika berkunjung ke Nusa Tenggara Timur. Selamat mencoba guys! Dan Selamat berlibur!