7 Makanan Khas Betawi yang Wajib Kamu Coba

Budaya Betawi memang menarik. Dari ondelondel hingga tari bertopeng, menyenangkan untuk menyelam. Namun tidak hanya dari segi seni dan budaya, Betawi juga memiliki kekayaan ragam kuliner yang sangat terkenal dengan cita rasanya yang lezat lho. Beberapa makanan Betawi populer seperti Kerak Telor mungkin sudah pernah Anda coba, namun masih banyak  makanan yang harus Anda ketahui.

Kerak Telor

Kerak telur rasanya enak dan asli, bahkan menjadi favorit warga Jakarta. Masakan khas Betawi ini dibuat dari bahan makanan seperti ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi bakar kering hingga serundeng, lalu tambahkan bawang goreng lalu tambahkan bumbu halus seperti kelapa bakar dan lainnya Masakan Betawi ini  cara memasaknya: telur dimasak dengan api sedang-tinggi, dibolak-balik di wajan menghadap bara panas dari  anglo, lalu dibiarkan hingga matang hingga garing.

Nasi Uduk Betawi

Nasi Uduk adalah makanan khas Betawi lainnya. Proses memasak nasi untuk nasi uduk diaron menggunakan  santan, daun salam, daun jeruk, laos dan serai kemudian dikukus hingga matang. bawang goreng, dengan lauk pauk seperti ayam goreng, sambal dan lauk lainnya beserta daun kemangi.

Gado-gado Betawi

Makanan khas Betawi selanjutnya adalah Gadogado Betawi. Gadogado sendiri artinya campur  dalam bahasa Betawi, merupakan favorit masyarakat Betawi. Aneka sayuran, dimasak dengan kentang, tahu, tempe, dan telur yang dicelupkan ke dalam saus kacang dan ditaburi kerupuk membuat hidangan ini digemari banyak orang. Masakan Betawi ini enak disantap dengan nasi atau disajikan dengan lontong.

Semur Jengkol

Rebusan jengkol, makanan khas Betawi, terkenal dengan aromanya. Sebagian orang mungkin tidak menyukai aroma jengkol, namun bagi para penggemar jengkol hidangan  ini sangat populer. Hidangan ini dimasak dengan jengkol, yang memiliki rasa pahit. Namun setelah dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah, Jengkol menjadi enak untuk disantap. Rebusan jengkol biasanya disajikan dengan nasi putih atau nasi uduk hangat. Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Betawi  ini saat berkunjung ke Jakarta!

Soto Betawi

Soto Betawi adalah makanan khas Betawi yang terbuat dari kuah santan yang diisi dengan  daging sapi dan jeroan serta organ dari daging sapi dan hewan lainnya seperti ayam. Banyak orang menyukai orang Betawi de Soto ini. Peminatnya tidak hanya orang  Jakarta, tetapi juga orang lain di berbagai daerah di Indonesia suka memakannya.. Masakan khas Betawi ini Soto Betawi memiliki rasa gurih yang berbeda dengan soto lainnya.

Roti Buaya

Roti buaya memegang peranan penting dalam pernikahan adat Betawi, masakan khas Betawi ini panjangnya sekitar 50 cm dan dibawa oleh pengantin pria untuk diberikan kepada pengantin wanita pada acara pernikahan atau lamaran pada pernikahan adat Betawi. Roti Buaya ini Buaya memiliki arti tersendiri bagi warga Betawi yaitu sebagai ungkapan kesetiaan pasangan suami istri yang telah dipercaya oleh masyarakat Betawi secara turun temurun.

Asinan Betawi

Asinan Betawi umumnya berupa campuran  sawi, kol, tauge, tahu putih dan selada, ditaburi  kacang goreng. Semua ini kemudian disiram dengan saus kacang dan ditaburi cuka dan cabai dengan kerupuk pasta kuning besar. Betawi juga cukup sehat karena banyak menggunakan sayuran.

Nah itu dia 7 makanan khas Betawi yang wajib kalian coba nih! Jadi kapan kalian mau mencobanya?