9 Kuliner Sate Nusantara Terlezat, Mana Yang Kalian Sudah Coba?

Ada yang mengatakan bahwa Indonesia adalah surganya wisata kuliner. Hal ini dikarenakan wilayah pelayanan yang begitu luas dan beragam budaya sehingga secara alami menghasilkan warisan kuliner yang beragam. Bahkan satu masakan bisa memiliki puluhan atau ratusan variasi di berbagai daerah. Sebagai contoh. , sambal, soto dan mie Kota ini memiliki ciri khas tersendiri dengan resep persiapan yang berbeda di setiap keluarga.

Sate Lalat – Pamekasan

Kuliner sate sepertinya identik dengan yang dibumbui. Penjualnyajuga dapat ditemukan di semua kota. Salah satu sate khas Madura yang paling khas adalah sate laler atau sate lalat Makanan ini dinamakan demikian karena potongan daging ayam yang digunakan sangat kecil.

Sate Padang – Padang

Sate padang terbuat dari potongan tebal daging sapi, lidah dan jeroan sapi yang dibumbui. Mereka kemudian dipanggang dan disajikan  kental dengan campuran tepung beras dan lontong. Sebenarnya ada tiga jenis racikan sate padang yang terkenal. Lalu ada Sate Padang  Pariaman yang kuahnya berwarna merah dan kebanyakan pedas.Terakhir, ada sate dagung dangung yang berwarna kekuning-kuningan dan dicampur dengan parutan kelapa.

Sate Lilit – Bali

Bali memiliki Sate Lilit yang terbuat dari daging cincang, bahan yang digunakan bisa daging sapi, ayam, ikan atau bahkan kura-kura, Lombok juga memiliki hidangan serupa yang disebut Sate Pusut tetapi bahan bakunya adalah ikan.

Sate Klathak – Yogyakarta  

Sate Klathak terdiri dari irisan besar daging domba yang dipanggang di atas rak sepeda. Saat dibakar, terdengar seperti klathakklathak. Setelah itu, disajikan dengan semangkuk saus berair dan berlemak untuk bumbu.

Sate Maranggi – Purwakarta

Sebenarnya ada dua jenis sate maranggi. Satu dari Purwakarta, satu lagi dari Medan. Namun, sate Maranggi asal Purwakarta ini lebih populer di kalangan pecinta masakan Indonesia. Saus tomat acar, sambal oncom, ketan bakar atau nasi timbel.

Sate Kerang – Sidoarjo

Daerah Sidoarjo merupakan salah satu penghasil kerang dan remis, jadi jangan heran jika anda menjumpai pedagang kaki lima kupang lontong, salah satu pelengkap masakan yang tidak boleh dilewatkan adalah sate kerang. Sate kerangnya berukuran kecil dan dibumbui kecap dengan hanya menggunakan ijuk.

Sate Loso – Pemalang

Sedangkan dari Pemalang ada Sate Loso yang sepertinya dipopulerkan oleh Pak Loso. Belakangan sate campur ini menjadi populer dan dikembangkan oleh pedagang lain di Pemalang. Sate loso terbuat dari daging sapi giling atau daging kerbau, kemudian dipanggang dan disajikan dengan kuah kemerahan. – saus kacang kental berwarna.

Sate Bebek Tambak – Banyumas

Tambak adalah nama sebuah kecamatan di Banyumas. Ada banyak penjual sate bebek di sana. Sate bebek khas Tambak  lembut, dibumbui dengan bumbu manis, dan disajikan dengan mentimun dan tomat. Apalagi jika disantap dengan kari bebek, yang biasanya juga ada di  menu.

Sate Kere – Yogyakarta dan Solo

Yogyakarta dan Solo memiliki kuliner yang bernama Sate Kere. Keduanya berarti negara miskin karena menggunakan bahan-bahan yang dapat dibeli oleh masyarakat kelas bawah dan menengah. Sate Kere Yogya biasanya dibuat dengan lemak babi (lemak), tetelan, dan jeroan, tetapi hanya dengan jeroan dan tempe gembus.

Nah itulah 9 Kuliner Sate Nusantara Terlezat, nah, Mananih Yang Kalian Sudah Coba? Atau kalian sudah coba semua sate yang ada di nusantara ini?