4 Kuliner Asal Semarang Yang Wajib Dikunjungin

Kota Semarang merupakan salah satu destinasi wisata kuliner yang menyajikan kuliner khas Semarang yang enak dan terkenal. Banyak bangunan tua  Belanda yang masih berdiri  dan menunjukkan sisa kejayaannya di kota bersejarah ini. Kota  pelabuhan penting untuk perdagangan. Berbagai suku dan budaya hidup dalam harmoni dalam satu lingkungan, menciptakan harmoni budaya baru, yang terlihat dari kuliner khas Kota Semarang yang sebagian besar dipengaruhi oleh budaya tersebut.Dari makanan ringan seperti lumpia hingga makanan pembuka seperti nasi ayam semarang, mereka sedikit banyak  mendapat pengaruh budaya asing. Karena keunikan tersebut, banyak biro perjalanan wisata yang menawarkan paket wisata Semarang di setiap paket wisatanya. Dari sekian kuliner khas Semarang yang terkenal, berikut ini rekomendasi kuliner Semarang yang wajib Anda coba saat berkunjung.

Lumpia

Makanan khas semarang lumpia sudah sangat terkenal sebagai makanan semarang yang wajib anda coba saat berkunjung, seperti halnya bakpia jogja.Kisah lumpia ini berawal dari penciptaan seorang pria Tionghoa Tjoa Thay Yoe yang tinggal di Semarang dan membuat lumpia. dengan cita rasa lokal. Masakan asli China adalah Lun Pia karena menggunakan rebung  sebagai isiannya. Selain rebung, ayam dan udang juga terkadang diisi dengan lumpia, sehingga semakin  nikmat disantap dengan sambal. Ada banyak tempat di mana Anda bisa menikmati Lumpia Semarang ini, namun yang paling terkenal adalah Lumpia Pandanaran dan Lumpia Gang Lombok.Anda bisa menikmati sajian lumpia dengan harga mulai dari Rp 7.000, hingga Rp 17.000,00 per potong.

Lapis Legit

Semarang yang dulunya merupakan pusat pemerintahan Belanda sedikit banyak menyerap budaya Eropa, terlihat dari Kue Lapis Legitnya. Lapis Legit atau Spekuk  terinspirasi dari kue lapis Eropa dengan tambahan berbagai bumbu dan rasa yang memiliki rasa yang manis. Resep Lapis Legit tidak jauh berbeda dengan kue lapis. Hanya saja ada tambahan kapulaga dan bumbu lainnya di dalam adonannya. Adonan yang sudah jadi dituang ke dalam cetakan sedikit demi sedikit sehingga memiliki  minimal 18 lapis dan tersusun rapi.Nikmati rasa manis dan aromatik rempah-rempah Lapis Legit dalam kue-kue Lapis Legit Legit Orchid Jl.Majapahit Semarang Harga satu dus Lapis Legit  bervariasi mulai dari Rp25.000 hingga Rp50.000,00 tergantung selera dan ukuran kotak.

Wingko Babat

Selain jajanan seperti Lumpia, Semarang juga terkenal dengan salah satu jajanan lainnya yaitu Wingko Babat Semarang. Wingko Babat biasanya tersedia di stasiun kereta api, terminal, dan toko kue dan suvenir khas Semarang. Kue tradisional ini terbuat dari parutan kelapa muda, beras ketan yang terbuat dari tepung beras  dan  gula pasir bulat. Rasa kelapa yang  gurih dan manisnya gula merah yang dipanggang sempurna sangat cocok untuk menemani Anda minum kopi atau teh. Souvenir Wingko Babat ini bisa kamu beli dengan harga Semarang Jl Pandanaran Center menjual berbagai merk terkenal dengan Wingko Babat.Harga satuan  Wingko Babat juga terjangkau, sekitar Rp 2.000 per bungkus atau Rp 26.000 untuk isi 20.

Bandeng Presto

Semarang juga dikenal sebagai kota tepi laut, sehingga banyak masakan yang menggunakan bahan utama ikan, seperti bandeng presto. Bandeng Semarang Presto  pertama kali muncul pada tahun 1977 berkat Hanna Budimulya  dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Semarang. Cara memasak dengan teknik Presto ini akan melunakkan tulang-tulang kecil pada daging bandeng. Selain itu, daging ikan bandeng  menjadi lebih empuk sehingga sangat enak disantap dengan nasi hangat dan sambal yang pedas. Salah satu tempat yang paling terkenal untuk menikmati sajian bandeng presto ini adalah di bandeng presto. Juwana Elrina, lahir di Jl.Pandanaran Anda bisa mendapatkan krat berisi lima Ikan Bandeng Presto dengan harga sekitar Rp 40.000,00 per krat.

Nah itu dia, kuliner asal semarang yang wajib dikunjungi.