10 Makanan Khas Aceh Terpopuler

Aceh merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki keanekaragaman makanan yang sangat kaya. Terkenal dengan rasanya yang khas dan bumbunya yang kuat, makanan khas Aceh ini menjadi favorit banyak orang  di dalam dan luar Aceh. Makanan khas Aceh  seperti mie aceh dan ayam tangkap kini banyak tersedia. Dikenal oleh masyarakat Indonesia dimana-mana. Namun, masih banyak  makanan khas Aceh lainnya yang tak kalah enak. Penasaran dengan kekayaan kuliner Aceh yang lezat?Berikut masakan Aceh yang siap menggugah selera Anda.

Mie Aceh

Salah satu ikon kuliner Aceh yang paling terkenal adalah Mie Aceh. Masakan tradisional Aceh ini disajikan dalam dua rasa, digoreng dan juga dengan saus, dan dilengkapi dengan berbagai bahan mulai dari kepiting, daging sapi, dan makanan laut.

Kuah Masam Keu-Neung

Bagi pecinta dapur soto, masakan tradisional  Aceh yang satu ini wajib masuk dalam daftar makanan favorit Anda. Masam Keuneung sendiri artinya Asam Pedas, dan seperti namanya, makanan khas Aceh ini memiliki  rasa pedas dan asam yang menyegarkan lho.

Kuah Sie Itek

Masakan Aceh yang satu ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menyukai rasa daging bebek. Berbeda dengan masakan berbahan dasar bebek pada umumnya, masakan Aceh yang satu ini memiliki resep tersendiri dengan bumbu rempah yang berbeda sehingga memberikan pengalaman menyantap bebek olahan  yang berbeda. .

Rujak Aceh

Ingin mencicipi masakan Aceh yang menyegarkan? Rujak Aceh adalah jawabannya. Jajanan khas Aceh ini terbuat dari buah rumbia yang tersebar luas di Aceh dan dilumuri saus rujak. Itu juga sering disajikan dingin dengan  es serut, membuatnya semakin menyegarkan!

Ungkot Kemamah

Ungkot Kemamah adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari ikan tuna yang sudah dimasak dan dikeringkan sebelumnya. Sajian khas Aceh ini diracik dengan santan, kentang, cabai hijau, dan berbagai bumbu  sehingga menciptakan cita rasa yang menarik dan menggoda lidah.

Martabak Aceh

Makanan  Aceh  populer selanjutnya adalah Martabak Aceh. Terbuat dari kulit roti rotan, yang membedakan martabak ini  dengan martabak pada umumnya. Dengan rasa yang asin dan sedikit pedas, masakan Aceh ini bisa menjadi camilan yang pas untuk ngopi.

Sate Matang

Sate rebus merupakan masakan khas dari Aceh, khususnya dari daerah Matang. Yang membedakan masakan tradisional Aceh ini  dengan sate lainnya adalah bahannya, daging sapi atau kambing, yang dibumbui dengan bumbu khas Aceh sebelum dibakar. menggoda untuk makan.

Ayam Tangkap

Makanan khas Aceh yang patut dicoba adalah ayam tangkap yang terbuat dari potongan ayam goreng. Ciri khas masakan Aceh ini adalah daun teumura dan cabai hijau yang ditumis dengan ayam dan ditaburi bawang goreng. Berikan Kalian rasa yang berbeda saat menyantap ayam goreng. 

Kue Adee

Kue tradisional  Aceh yang hanya bisa ditemukan di Aceh khususnya Kabupaten Pidie Jaya ini merupakan kue yang bertekstur sangat lembut  dengan  rasa yang manis.Makanan tradisional Aceh ini tidak hanya enak untuk teman minum kopi sore dan kijang, tapi juga bisa jadi alternatif pengingat aceh buat sanak saudara lho.

Bonromrom

Juga dikenal sebagai Kue Boh Duek Beudeh, Bohromrom adalah kue tradisional  Aceh yang terbuat dari tepung beras ketan dengan taburan kelapa parut. Ini adalah warna bonromrom yang tidak terlalu hijau dan sedikit cokelat.

Nah itulah beberapa kuliner khas dari Aceh, jadi makanan mana nih yang jadi favorit kalian?